Jumat, 16 Desember 2011

Goa Selarong

 
Gua Selarong adalah sebuah gua yang saat ini merupakan objek wisata dengan pemandangan alam yang indah serta cocok untuk digunakan sebagai bumi perkemahan. Objek ini berlokasi sekitar 14 km arah selatan Yogyakarta,
tepatnya di Dukuh Kembang Putihan,Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul (tidak jauh dari rumah saya) dan berada di puncak bukit yang ditumbuhi banyak pohon jambu biji dan pohon sawo kecik yang merupakan ciri khas dari objek tersebut.


Di masa lampau gua ini digunakan sebagai markas gerilya Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya melawan penjajahan Belanda. Pangeran Diponegoro pindah setelah rumahnya di Tegalrejo diserang dan dibakar habis oleh Belanda.
 
Di sekitar Gua Selarong terdapat sentra kerajinan kayu yang menghasilkan patung, topeng dan lain-lain. Pemerintah Kabupaten Bantul sedang mengembangkan kawasan Gua selarong sebagai objek agrowisata dengan tanaman klengkeng.

1 komentar:

  1. lama gak berkunjung ke goa ini..
    penasaran dengan kondisinya saat ini...

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan mengGunakan bahasa yang santun.